Sabtu, 05 November 2011

PostHeaderIcon Rangkaian Sekuensial

Salah satu rangkaian logika yang sangat bermanfaat yaitu rangkaian logika sekuensial yang di interkoneksikan untuk penyimpanan, pewaktu, perhitungan dan pengurutan. Bentuk dasar dar i rangkaian logika sekuensial adalah rangkaian flip-flop yang dirangkai dari gerbang logika seperti NAND dan AND. Nama lain dari flip-flop adalah multivibrator bistabil, dimana keluarannya adalah suatu tegangan rendah (0 ) atau tinggi (1). Keluaran ini tetap rendah atau tinggi selama belum ada masuk kan yang merubah keadaan tersebut. Rangkaian yang bersangkutan harus di- drive (dikendalikan) oleh satu masukkan yang disebut pemicu ( trigger ). Keadaan tersebut akan berubah kembali bila ada masukkan pemicu lagi. Ada tiga jenis multivibrator,yaitu : astabil, monostabil, dan bistabil. Pada bagian ini hanya membahas multivibrator bistabil ( flip-flop )


Berdasarkan cara penyimpanannya flip-flop dapat digolongkan atas :


RS Flip-flop
JK Flip-flop
D Flip-flop
T Flip-flop


1. RS Flip-flop
Salah satu jenis flip-flop adalah flip- flo p RS. Flip- flo p ini mempu nyai dua masukan dan dua keluaran. RS flip-flop mempunyai 2 input yaitu, S=Set dan R=Reset. Mempunyai 2 output yaitu Q dan . Bertindak sebagai 1 bit memori dengan output Q Q sebagai nilai bit tersebut. S=1, R=1 tidak dibenarkan (tidak boleh diset serentak) karena akan menghasilkan output yang tidak konsisten. Flip-flop RS dapat dibentuk dari kombinasi dua gerbang NAND atau kombinasi dua gerbang NOR.


2. D- Flip-flop


Merupakan modifikasi dari RS flip-flop dengan tambahan gerbang pembalik pada masukan R sehingga masukan R merupakan komplemen dari masukan S. Saat D = 0 keadaan flip-flop reset (Q = 0) sedangkan bila D = 1 maka keadaan flip- flop set (Q = 1).


3. JK Flip-flop


Flip-flop ini mempunyai dua masukan dan dua keluaran, di mana salah satu keluarannya (y) berfungsi sebagai komplemen. Flip-flop JK dapat dibentuk dari kombinasi empat gerbang NAND, flip-flop ini tidak memiliki keadaan terlarang seperti yang terdapat pada flip-flop RS.


4. T-Flip- flop


Merupakan modifikasi dari JK flip-flop, dengan menggabungkan kedua masukan J dan K sehinga keluaran (y) akan berubah-ubah sesuai perubahan pada clocknya.

0 komentar:

Search

Memuat...

Blog Archive

About Me

Foto Saya
Ardhiansyah Baskara
Malang, Jawa Timur, Indonesia
Lihat profil lengkapku